ooo…HARINYA RA KARTINI

Hari ini seperti biasanya setelah bangun pagi ambil air wudlu dan sholat shubuh. Setelah itu mandi dan bersiap-siap untuk kerja. Rutinas hari ini sama seperti kemaren-kemaren yaitu keliling dan putar-putar sekitar balikpapan, keluar masuk dari kantor yang satu ke kantor yang lain( tapi kantor nya orang lain lo, bukan kantor saya 🙂 ).

Jam 9.15 wita sudah siap-siap untuk keluar kantor, dengan mengenderai motor butut infentaris kantor dimulailah perjalanan keliling balikpapan. Tapi sepanjang perjalanan saya merasakan ada perbedaan dibanding hari-hari biasanya. Karena saat melewati beberpa sekolah dasar ada yang aneh hari ini. Setiap murid tidak berpakaian seperti hari-hari biasa yaitu baju seragam putih mera, melainkan berpakaian baju adat dari berbagai daerah mulai sabang sampai merauke. Dan tidak lama kemudian berkumpul dan memulai pawai di jalan raya. Sungguh lucu melihat tingkah laku dan kelakuan adek-adek kecil ini. Tidak ingin ketinggalan moment yang bagus ini, cepat-cepat ambil kamera dan mulai jeprat-jepret dan ini hasil nya

Ternyata keanehan ini masih berlanjut, waktu masuk kekantor pelayanan publik (kantor indosat dan bank BCA) , semua karyawan perempuan bagian custemer servise dan teler tidak berpakaian seperti biasa. Hari ini mereka berpakaian kebaya lengkap dan sungguh terlihat feminin dan anggun.

Setelah bertanya-tanya dalam hati, akhirnya terjawab juga semua pertanyaan dan keanehan ini. Ternyata hari ini adalah peringatan hari kartini. Jadi ingat kisah-kisah ibu kartini dulu, siapa yang tidak kenal dengan R.A Kartini, wanita kelahiran jepara, jawa  tengah 21 april 1879 ini semasa hidupnya  mampu memberikan arti dan spirit tersendiri dalam perjuangan meraih persamaan dan kesetaraan gender atau disebut juga emansipasi. R.A Kartini juga yang dikenal sebagai perintis perubahan bagi kaum wanita. Ia ingin agar wanita Indonesia setara dengan pria, memiliki hak bukan hanya kewajiban dan juga bisa sejajar dengan wanita-wanita dari Negara lain. Majulah wanita-wanita indonesia, jadilah kartini-kartini masa kini dan teruskanlah perjuangannya.

“Hidup itu akan indah dan berbahagia apabila dalam kegelapan kita melihat cahaya terang”

Advertisements

4 Responses

  1. Ga tau lagi maknanya kartini… Kayaknya ko hanya sekedar perayaan, mengikuti inginnya jaman, dan cuma mengikuti tren feminisme. ^_^ Piss..

    Kayaknya PERTAMAX…

  2. wah…. lucu2 yach anak2 balikpapan yg ikut pawai. ganteng n cantik. kira2 anak2 sapa tuh ya?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: